Inginkan SMKN 1 Hu'u Lebih Maju lagi, Ini yang Dilakukan Kasek Ikraman Pascasertijab -->

Iklan Semua Halaman

.

Inginkan SMKN 1 Hu'u Lebih Maju lagi, Ini yang Dilakukan Kasek Ikraman Pascasertijab

Tuesday, September 12, 2023
Kepala SMKN 1 Hu'u, Ikraman, S.Ag, M.Pd usai memberikan keterangan pers. Foto Poris. Berita11.com.



Dompu, Berita11.com - Kepala Sekolah (Kasek) Ikraman, S.Ag, M.Pd yang dilantik sebagai Kepala SMK Negeri 1, Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu pada 20 Juni 2023 lalu, menginginkan bagaimana sekolah yang dipimpinnya tersebut bisa lebih maju lagi.


Pria yang memiliki integritas yang tinggi dan berpenampilan tegas ini, awal memimpin SMKN 1 Hu'u langsung menerapkan kedisiplinan terhadap dewan guru serta staf hingga kepada peserta didik. 


Selanjutnya, tanpa menunggu lama dan tidak tergantung kepada anggaran, Ikraman melakukan rapat dengan semua penyelenggara sekolah, dewan guru dan semua staf dengan menghimpun persoalan-persoalan sekolah dan menentukan langkah-langkah kebijakan dan tindakan. 


"Ada beberapa hal yang sudah kami lakukan mulai dari identifikasi, kemudian melakukan analisa tentang kondisi rill yang ada sekaligus mencarikan solusinya serta mengeksekusi apa yang bisa kami lakukan pascasertijab," ungkap Ikraman, Senin (11/9/2023) siang. 


Selain memastikan fungsi masing masing berjalan dengan penuh tanggungjawab dengan perbaikan manajemen, Ikraman juga melakukan rehab atau perbaikan pagar baik di belakang maupun di depan, termasuk papan nama. 


"Kemudian papan nama sekolah, sebelum saya masuk di sini, tidak memiliki papan nama sehingga identitas SMKN 1 Hu'u tidak nampak, alhamdulillah sekarang sudah mulai nampak," paparnya. 


Begitu juga dengan tingkat keamanan terutama di belakang sekolah yang belum ada pagar sama sekali, Ikraman melakukan pendekatan emosional dengan dewan guru beserta para staf. 


"Pagar di belakang sekolah, kami sama-sama mengambil kayu untuk antisipasi lebih awal sehingga dapat dipagar keliling semua, jadi tingkat keamanan keluar masuk ternak sudah terjaga dengan baik," ceritanya lagi.


Lebih jauh, pria yang juga wakil sekertaris Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Dompu sejak 2020 hingga sekarang ini, juga sudah melakukan rapat Komite terkait dengan peningkatan mutu pendidikan. 


"Alhamdulillah dukungan komite dan orang tua, luar biasa untuk kemajuan SMKN1 Hu'u," terangnya. 


Selain itu, Ikraman juga sudah mulai melakukan pembinaan kerohanian kepada warga melalui pengisian Mimbar Jumat (Khutbah) dari Masjid ke Masjid mulai dari Desa Hu'u sampai Desa Rasabou.


"Alhamdulillah, kami mendapatkan giliran untuk semua Masjid yang ada di sekitar Kecamatan Hu'u," urainya.


Di sisi lain, pria yang ditunjuk sebagai ketua Forum Komunikasi Kepala Sekolah Swasta (FKK2S) Kabupaten Dompu sejak tahun 2020 hingga kini dan sebelumnya dipercaya sebagai Wakil Ketua Forum Komunikasi Kepala (FKK) SMKS provinsi NTB sejak tahun 2015 hingga 2020 ini, juga sudah melakukan spiritual untuk peserta didik.


"Kami juga sudah melakukan spritual kepada anak-anak, serta melakukan perbaikan pembelajaran dan pemetaan guru sesuai dengan porsi dilihat sesuai dari rasio siswa dan rombel yang ada sudah kami lakukan," katanya. 


"Kemarin juga sekolah kita ikut gerak jalan di tingkat Kecamatan sampai Kabupaten dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 79 dan gerak jalan indah ini masih lanjut ke tingkat provinsi," beber pria yang juga wakil sekertaris PGRI Kabupaten Dompu sejak 2020 hingga kini.


Menurutnya, gerak jalan tingkat provinsi NTB itu akan dilaksanakan pada tanggal 15 minggu ini, dan peserta gerak jalan itu merupakan perwakilan Dompu dan peserta gerak jalan diambil dari peserta didik SMAN dan SMKN yang masuk Paskibraka.


"Di Kecamatan Hu'u, hanya siswa dari SMK 1 Hu'u saja sebanyak dua orang yang terpilih untuk mengikuti gerak jalan tingkat provinsi," ceritanya lagi. 


Untuk memanfaatkan momen itu, lanjut Ikraman, pihaknya akan promosikan beras organik, mool dan jus minuman hasil karya para siswa SMKN 1 Hu'u di bawah binaan dewan guru. 


"Insya allah, prodak ini akan kami pamerkan di depan kantor Gubernur pada tanggal 13 sampai 15 nanti," cetusnya. 


"Selain itu, salah satu siswa SMKN 1 Hu'u juga akan mengikuti pemilihan puteri Dompu yang dinilai oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Dompu," katanya lagi. 


Diakhir penyampaiannya, Ikraman, berharap SMKN 1 Hu'u bisa dipakai oleh pemerintah Daerah ketika peserta didiknya menunjukan talenta dan bakatnya secara maksimal.


"Terkait dengan kondisi-kondisi lain sudah barang tentu tidak terputus semua harapan, termasuk yang menyangkut perbaikan sarana kebutuhan guru, kami akan terus menganalisa terhadap kebutuhan yang ada di SMKN 1 Hu'u," pungkas Ikraman. [B-10]

PERRHATIAN: Hati-hati penipuan mengatasnamakan Berita11.com/ PT Sebelas Cyber Media. Kerja sama/ iklan dan invoice resmi hanya yang ditandatangani Direktur PT Sebelas Cyber Media dan tercatat dalam sistem informasi (data base) perusahaan serta nomor nota tagihan yang teregistrasi dengan kode unik di sistem informasi perusahaan. Kami tidak bertanggung jawab atas nota tagihan (invoice) yang tidak tercatat maupun atas tagihan pajak terhadap invoice/kuitansi yang bukan dari perusahaan. Pembayaran tagihan iklan/ advetorial/ kerja sama yang sah melalui rekening perusahaan An. PT Sebelas Cyber Media.