Kapolsek Kilo Berjibaku Padamkan Sejumlah Hotspot Karhutla Milik Warga Desa Kramat -->

Iklan Semua Halaman

.

Kapolsek Kilo Berjibaku Padamkan Sejumlah Hotspot Karhutla Milik Warga Desa Kramat

Tuesday, June 6, 2023

Aksi jebaku Kapolsek Kilo dan anggota saat memadamkan hospot Karhutla si so Wila, Desa Keramat. Dok. Berita11.com.



Dompu, Berita11.com - Berbekal alat seadanya, Kapolsek Kilo, Ipda Eka Farman, SH bersama beberapa anggotanya berjibaku memadamkan sejumlah hotspot Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) milik warga pada Minggu (4/6/2023) sore, sekira pukul 15.30 Wita.


Sebelumnya, jajaran kepolisian sektor Kilo, Polres Dompu mendapat laporan dari Polda NTB hasil temuan Aplikasi Lancang Kuning yang mengharuskan jajaran Polsek Kilo dan sejumlah anggotanya terjun ke lokasi Tempat Kejadian Perkara (TKP). 


Setiba di titik yang ditargetkan (TKP) Kapolsek Kilo dan sejumlah anggota mendapati sejumlah spot yang terbakar antara lain, di pengunungan So Wila, Desa Kramat, Kecamatan Kilo.


Kapolsek Kilo saat dikonfirmasi memastikan bahwa kebakaran hutan itu terjadi bersumber dari pembakaran lahan yang dilakukan oleh warga setempat, sehingga dengan berbekal peralatan sederhana berhasil dipadamkan. 


"Kebakaran tersebut bersumber dari kegiatan warga yang membersihkan ladang jagung atau sehabis menyelesaikan panen," ungkap Kapolsek. 


Untuk itu, pihak Polsek Kilo dengan sigap langsung turun ke lokasi, selanjutnya dengan berbekal senjata dan peralatan seadanya bergegas memadamkan api hingga berhasil dipadamkan. 


Video detik-detik Kapolsek Kilo dan sejumlah anggota memadamkan api. Dok. Berita11.com.

"Alhamdulillah, hampir tiga jam aksi, berkat kekompakan seluruh personel, sejumlah titik api dapat dipadamkan dengan baik tanpa ada kendala," jelas Kapolsek.


“Saya bersama anggota memadamkan api dengan alat seadanya dengan menggunakan ranting pohon yang masih muda," sambung Kapolsek.


Setelah dapat memadamkan api, Kapolsek berusaha bertemu dengan warga pemilik lahan dan beberapa orang warga lainnya diberikan ‘warning’ sekaligus menghimbau warga untuk tidak melakukan aktifitas dan kegiatan serupa. 


"Sayangnya warga yang melakukan pembakaran lahan sudah tidak berada di lokasi lahan yang terbakar," tandasnya.


Namun, dengan adanya temuan tersebut, Kapolsek dengan tegas akan terus melakukan pemantauan dan monitoring tak hanya di lokasi yang terindikasi, melainkan di sejumlah titik yang disinyalir akan melakukan pembakaran lahan.


"Usai kegiatan, sekira pukul. 17.50 Wita, saya bersama beberapa anggota kembali ke Mako untuk melanjutkan piket sebagaimana biasanya," pungkas Kapolsek. [B-10]



PERRHATIAN: Hati-hati penipuan mengatasnamakan Berita11.com/ PT Sebelas Cyber Media. Kerja sama/ iklan dan invoice resmi hanya yang ditandatangani Direktur PT Sebelas Cyber Media dan tercatat dalam sistem informasi (data base) perusahaan serta nomor nota tagihan yang teregistrasi dengan kode unik di sistem informasi perusahaan. Kami tidak bertanggung jawab atas nota tagihan (invoice) yang tidak tercatat maupun atas tagihan pajak terhadap invoice/kuitansi yang bukan dari perusahaan. Pembayaran tagihan iklan/ advetorial/ kerja sama yang sah melalui rekening perusahaan An. PT Sebelas Cyber Media.