Dinas Sosial Dompu Cairkan BPNT Tahap Dua kepada 865 KPM -->

Iklan Semua Halaman

.

Dinas Sosial Dompu Cairkan BPNT Tahap Dua kepada 865 KPM

Wednesday, March 29, 2023
Para KPM yang menerima BPNT berupa bantuan sosial PKH saat foto bersama Ketua LKKS Kabupaten Dompu Lilis Suryani dan Kepala Dinsos Drs. Abdul Haris. Foto Poris Berita11.com.



Dompu, Berita11.com - Pemerintah Kabupaten Dompu melalui Dinas Sosial (Dinsos) melaksanakan kegiatan Program Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) atau mencairkan program sembako dari Kementrian Sosial (Kemensos) kepada 865 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) se-Kabupaten Dompu. 


Serah terima bantuan sosial tersebut dilaksanakan di kantor Pos Cabang Dompu, Jalan Bayangkara, Kelurahan Bada, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu pada Rabu (29/3/2023) pagi dihadiri Ketua Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Kabupaten Dompu, Lilis Suryani, H. Kader Jaelani. 


Kepala Dinsos Kabupaten Dompu, Drs. Abdul Haris mengatakan, tahap pertama sudah disalurkan melalui BRI sebanyak 19.936 KPM, sedangkan 865 KPM yang menerima melalui kantor Pos ini merupakan pencairan tahap kedua bagi KPM yang tidak memiliki buku rekening BRI. 


"Betul, tahap satu sudah cair melalui BRI, dan hari ini kita menyerahkan bantuan sembako secara simbolis kepada 865 KPM tahap dua melalui kantor PT Pos Indonesia Dompu," jelas Kepala Dinsos. 


Abdul Haris mengungkapkan, bantuan sembako berupa uang tunai tersebut diberikan kepada per orang KPM sebesar Rp 200 ribu per bulan, KPM menerima pencairan selama tiga bulan yakni Januari, Februari, Maret dengan nominal sebesar Rp 600 ribu per KPM. 


"Uang tersebut hanya bisa digunakan untuk membeli Beras, Telur, Minyak Goreng, Ikan, atau kebutuhan sehari-hari lainnya, tidak untuk dimanfaatkan kebutuhan lain, seperti membeli pakaian baru," tandas Kepala Dinsos. 


Dana bantuan yang diberikan dalam Program Sembako, lanjut Kepala Dinsos, tidak hanya dapat dibelanjakan untuk beras dan telur saja, namun juga untuk sumber karbohidrat, protein dan vitamin lainnya seperti jagung, daging ayam, daging sapi, kacang-kacangan atau buah yang dapat diperoleh di pasar lokal. 


Melalui perluasan kepesertaan Program Sembako pemerintah berupaya untuk menurunkan beban pengeluaran rumah tangga bagi warga lebih khusus untuk memenuhi kebutuhan pangan yang bergizi. 


"Dengan bantuan ini juga, semoga dapat bermanfaat dan dapat mengurangi beban pengeluaran rumah tangga masyarakat lebih khusus warga yang kurang mampu," pungkas Kepala Dinsos Dompu. 


Sementara, Ketua LKKS Kabupaten Dompu, Lilis Suryani, H. Kader Jaelani juga mengharapkan hal yang sama, sebagaimana yang disampaikan sebelum menyalurkan bantuan kepada para KPM, mengingat sekarang bulan suci ramadhan uang bantuan itu dimanfaatkan sebaik-baiknya. 


"Diharapkan kepada seluruh KPM agar uang yang diterima itu betul-betul dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, manfaatkan kebutuhan pada bulan puasa ini sehingga dapat terpenuhi, dan bantuan itu juga tidak digunakan untuk pembelian yang tidak bermanfaat," tandas Umi Lilis sapaan akrabnya. 


Melalui kesempatan ini pula, Umi Lilis juga menyampaikan apresiasi dan berterima kasih kepada Kepala Dinsos Kabupaten Dompu yang sudah menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.


"Tentu semua kami berharap, Dinas Sosial benar-benar mendata warga yang betul-betul pantas dan berhak menerima bantuan, Namun, sejauh ini kami melihat, kinerja Dinas Sosial sudah luar biasa dan kami sangat mendukung," apresiasi Umi Lilis. [B-10]

PERRHATIAN: Hati-hati penipuan mengatasnamakan Berita11.com/ PT Sebelas Cyber Media. Kerja sama/ iklan dan invoice resmi hanya yang ditandatangani Direktur PT Sebelas Cyber Media dan tercatat dalam sistem informasi (data base) perusahaan serta nomor nota tagihan yang teregistrasi dengan kode unik di sistem informasi perusahaan. Kami tidak bertanggung jawab atas nota tagihan (invoice) yang tidak tercatat maupun atas tagihan pajak terhadap invoice/kuitansi yang bukan dari perusahaan. Pembayaran tagihan iklan/ advetorial/ kerja sama yang sah melalui rekening perusahaan An. PT Sebelas Cyber Media.