Hadirkan Pembawa Acara Bersertifikat Nasional, Lurah Kandai Satu Gelar Pelatihan MC -->

Iklan Semua Halaman

.

Hadirkan Pembawa Acara Bersertifikat Nasional, Lurah Kandai Satu Gelar Pelatihan MC

Monday, August 21, 2023
Kegiatan pelatihan MC tengah berlangsung. Foto Poris. Berita11.com.



Dompu, Berita11.com - Pemerintah Lurah Kandai Satu, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu menggelar pelatihan Master of Ceremony (MC) atau pembawa acara yang berlangsung di aula kantor lurah setempat pada Senin (21/8/2023) siang.


Kegiatan pelatihan, diikuti lebih kurang 20 orang peserta dengan menghadirkan narasumber, pembawa acara senior yang juga bersertifikat nasional yakni Muhammad Khaidir, S.Pd M. Pd alias Jarot dan Ketua LPM Kandai Satu, Muh. Nur, S.Pd alias Uma Neo. 


Lurah Kandai Satu, Deny Rahmansyah, S.STp disela-sela kegiatan kepada Berita11.com mengatakan, peserta yang mengikiti pelatihan merupakan perwakilan dari tiap-tiap Rt satu sampai dua orang dengan harapan peserta nantinya memiliki kepribadian dan wawasan serta tanggung jawab terhadap profesinya.


"Tentu harapan kami dalam pelatihan ini para peserta bisa percaya diri ketika ada acara-acara apa saja di lingkungan sehingga menjadi MC yang punya kualitas dan profesional," kata Lurah Kandai Satu. 


Menurut Deny, ketika ada hajatan masyarakat, selalu kesulitan untuk pemandu acara yang dimaksud, berangkat dari itu, Lurah Kandai Satu berinisiatif untuk membina regenerasi melalui kegiatan pelatihan MC. 


"Ketika acara ingin dimulai, MC selalu dicari-cari, nah, dengan pelatihan ini, generasi penerus dibekali dengan ilmu dan wawasan yang luar agar tidak gugup lagi saat membawakan acara di depan umum," tuturnya. 


Dikatakannya, para peserta yang baru saja dilatih, untuk sementara hanya dimanfaatkan dulu di tingkat Rt atau Lingkungan sambil beradaptasi kebiasaan diri atau belajar dari tahap awal. 


"Jangan dulu berlayar di Samudra yang Luas, sebaik-baiknya berenang dulu di tepian, artinya, untuk acara-acara besarnya, kita beri dulu kesempatan yang sudah profesional," upamanya sembari tersenyum. 


"Jadi, kalau acara Mbolo Weki atau Musyawarah Keluarga di tingkat RT atau Lingkungan, baru dimanfaatkan MC yang dilatih hari ini," sambungnya.


Diakhir penyampaiannya, Deny sangat berharap terhadap para peserta yang mengikuti pelatihan, agar dapat memanfaatkan ilmu yang diterapkan oleh narasumber, sehingga ada acara-acara tertentu pemerintah lurah nantinya dapat dimanfaatkan untuk memandu acara. 


"Bisa saja nanti, ketika ada acara di tingkat lurah, kami bisa pakai salah satu peserta yang dilatih ini," harap Lurah Kandai Satu. 


Sementara, Bang Jarot sapaan akrab pemateri, kepada Berita11.com menuturkan, selain materi, proses pengalamannya selama menjadi MC juga dibagikan kepada peserta, seperti bagaimana menjadi pembawa acara yang baik dan handal.


"Banyak hal-hal positif yang bisa saya bagikan kepada peserta, semoga apa yang saya berikan ini bisa dilaksanakan, diaplikasikan dan diwujudkan sebagai pembawa acara, baik itu sifatnya acara hiburan atau acara-acara resmi," harap Bang Jarot. 


Terpisah, salah seorang pemuda, yakni Papi Jack menyampaikan apresiasi terhadap pemerintah lurah yang sudah berinisiatif menggelar kegaitan semacam itu. 


"Saya menilai, bahwa kegiatan ini sangat positif, dan bisa memberikan manfaat yang luar biasa bagi generi penerus," apresiasi Papi Jack. 


Menurutnya, disetiap Lingkungan yang ada, ketika ada acara musyawarah pernikahan atau Mbolo weki yang digelar oleh warga, pamandu acaranya atau MC selalu memakai orang tua. 


"Kita memang akui, bahwa setiap acara-acara yang diadakan oleh masyarakat, seperti hajatan apa saja, selalu pakai orang-orang yang sudah tua, kenapa tidak memakai anak-anak muda saja," tandas Papi Jack. [B-10]

PERRHATIAN: Hati-hati penipuan mengatasnamakan Berita11.com/ PT Sebelas Cyber Media. Kerja sama/ iklan dan invoice resmi hanya yang ditandatangani Direktur PT Sebelas Cyber Media dan tercatat dalam sistem informasi (data base) perusahaan serta nomor nota tagihan yang teregistrasi dengan kode unik di sistem informasi perusahaan. Kami tidak bertanggung jawab atas nota tagihan (invoice) yang tidak tercatat maupun atas tagihan pajak terhadap invoice/kuitansi yang bukan dari perusahaan. Pembayaran tagihan iklan/ advetorial/ kerja sama yang sah melalui rekening perusahaan An. PT Sebelas Cyber Media.