Kriminalitas dan Peredaran Narkoba Meningkat, BEM STKIP Al-Amin Demo Polres Dompu -->

Iklan Semua Halaman

.

Kriminalitas dan Peredaran Narkoba Meningkat, BEM STKIP Al-Amin Demo Polres Dompu

Saturday, October 14, 2023
BEM STKIP Al-Amin Dompu saat menggelar orasi di depan Mapolres Dompu. Dok. Berita11.com.



Dompu, Berita11.com - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STKIP Al-Amin Dompu melakukan aksi unjuk rasa (Unras) di depan Kepolisian Resort Dompu pada Jumat (13/10/2023) pagi. 


Massa aksi menilai bahwa angka kriminalitas seperti pemanahan, pembacokan, pelemparan serta peredaran narkoba di wilayah hukum Polres Dompu semakin meningkat. 


Untuk itu, massa aksi meminta Kapolres Dompu segera tangkap dan adili para pelaku kriminal dan berantas peredaran narkoba serta evaluasi seluruh Kapolsek jajaran yanga ada. 


Ketua BEM STKIP Al-Amin, Rizki Adi Putra menyampaikan, Kapolres Dompu harus mengambil sikap tegas dalam menyikapi isu kriminalitas, seperti kekerasan, begal dan yang paling urgent yakni pemanahan. 


"Kami berpendapat, bahwa tingkatnya angka kriminalitas di Dompu itu merupakan dampak negatif dari penyalahgunaan narkoba, Maka pihak kepolisian perlu membentuk Polmas (Polisi Masyarakat)," pendapat Rizki. 


Hal itu dilakukan, lanjut Ketua BEM STKIP Al-Amin, agar Aparat Penegakkan Hukum (APH) dan masyarakat bisa berkolaborasi dalam upaya pencegahan peredaran narkoba.


"Kami sebagai akademisi hanya memberi kritik atau memberikan solusi untuk menurunkan angka kriminalitas di bumi yang kita cintai ini," sambung Rizki. 


Selain itu, APH harus meningkatkan sosialisasi dan edukasi terhadap warga tentang bahaya narkoba. Menurut dia, masyarakat harus memberdayakan ilmu pengetahuan dengan melibatkan Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu. 


"Kita membutuhkan sinergi antar instansi dalam memantau dan memberantas peredaran narkoba, serta penegakkan hukum secara adil bagi para pelaku kejahatan," pungkas Ketua BEM STKIP Al-Amin. 


Sementara, Kordinator lapangan (Korlap), I yakni Yogi dalam orasinya menyeruhkan bahwa maraknya terjadi pembacokan dan pemanahan atau kriminalitas lainnya diindikasikan dari kelelaian APH yang tidak mampu memberikan keamanan sebagaimana dalam amanat UU Nomor 2 Tahun 2022.


Pembacokan, pemanahan yang terjadi di wilayah kabupaten Dompu semakin marak hal dikarenakan kelalaian pihak APH, Aparatur Penegak Hukum yang tidak bisa menangani dan kondusif kan wilayah kabupaten sesuai amanah UUD no. 2 tahun 2002.

Mahasiswa STKIP Al-Amin Dompu usai berdialog dengan Waka Polres Dompu. Dok. Berita11.com.

"Kelakuan pemuda atau remaja seperti pembacokan, pemanahan dan korbanpun semakin banyak, akibat pihak kepolisian tidak mampu menangani persoalan yang ada," tandasnya. 


Adanya, kejadian kriminalitas seperti pemanahan, pembancokan dan pelemparan karena dilatar belakangi oleh penyalahgunaan Narkotika maupun Minuman Keras (Miras). Hal itu yang perlu dicegah dan diberabtas. 


"Kami yakin adanya pembacokan, pemanahan dan seksualitas di Dompu akibat dari efek barang haram tersebut yang membuat halusinasi mereka tidak jelas," tuturnya. 


Di sisi lain, Korlap II, yakni Amin Ra'is, menyoroti terkait dengan APH yang ada di tiap-tiap Kecamatan atau yang disebut Polsek yang menangani masalah di tingkat kecamatan justru tidak mampu menyelesaikan persoalan yang terjadi. 


"Tiap wilayah kecamatan pasti ada Polsek, yang melindungi dan menangani masalah yang ada. Akan tetapi mereka lebih sibuk mengurus diri sendiri sehingga masyarakat dan pemuda terbengkalai," ujar Amin Ra'is. 


"Narkoba dan Miras di tiap kecamatan semakin menjadi, hal ini terjadi akibat kepolisian tidak serius menangani persoalan yang ada. Narkoba di setiap kecamatan seperti orang menjual sayuran," sambung dia. 


Usai berorasi secara bergantian, massa aksi diterima oleh Waka Polres Dompu dan didampingi oleh beberapa pejabat tinggi di satuan Polres Dompu guna melakukan dialog. 


Dalam dialognya, Wakapolres Dompu menyampaikan bahwa anggota kepolisian telah berupaya keras untuk menangani pemanahan liar maupun kriminalitas lainnya termasuk pemberantasan peredaran narkoba. 


Waka Polres juga menyampaikan pernyataan sikap bahwa APH dalam hal ini satuan Polres Dompu akan selalu melakukan patroli setiap malam dan memberikan edukasi jam malam untuk pemuda atau remaja. 


"Polres Dompu sudah melakukan yang terbaik untuk masyarakat Dompu, termasuk pemberantasan narkoba yang mengancam masa depan generasi dan kami juga akan rutin melakukan patroli malam untuk mewujudkan Kamtibmas betul-betul dirasakan oleh masyarakat," kata Waka Polres Dompu. [B-10]

PERRHATIAN: Hati-hati penipuan mengatasnamakan Berita11.com/ PT Sebelas Cyber Media. Kerja sama/ iklan dan invoice resmi hanya yang ditandatangani Direktur PT Sebelas Cyber Media dan tercatat dalam sistem informasi (data base) perusahaan serta nomor nota tagihan yang teregistrasi dengan kode unik di sistem informasi perusahaan. Kami tidak bertanggung jawab atas nota tagihan (invoice) yang tidak tercatat maupun atas tagihan pajak terhadap invoice/kuitansi yang bukan dari perusahaan. Pembayaran tagihan iklan/ advetorial/ kerja sama yang sah melalui rekening perusahaan An. PT Sebelas Cyber Media.