Sikapi Isu Maraknya Perambahan Hutan, BKPH TOPASO Gencarkan Patroli Rutin -->

Iklan Semua Halaman

.

Sikapi Isu Maraknya Perambahan Hutan, BKPH TOPASO Gencarkan Patroli Rutin

Sunday, September 24, 2023
Kepala BKPH TOPASO dan sejumlah personel yang dikerahkan dalam patroli rutin di wilayah RTK 65 Kecamatan Pajo. Foto ist. 



Dompu, Berita11.com - Balai Kesatuan Pengamanan Hutan (BKPH) Tofo Pajo Soromandi (TOPASO) Kabupaten Dompu gencarkan patroli rutin setelah menerima isu tentang maraknya illegal logging guna mencegah kerusakan hutan serta pembalakan liar.


Kepala BKPH TOPASO, Nurwana Putra, S, Hut bersama belasan anggotanya melakukan patroli dengan sasaran di wilayah Register Tanah Kehutanan (RTK) 65 yang meliputi Desa Lepadi, Ranggo, Tembalae dan Desa Woko, Kecamata Pajo pada Sabtu (23/9/2023).


"Alhamdulillah, kami tetap rutin melakukan patroli atau operasi penertiban serta pengamanan kawasan hutan di wilayah yang menjadi tanggung jawab BKPH TOPASO," ujar Nurwana Putra pada awak media yang mengikuti giat operasi tersebut.


Petugas BKPH TOPASO menyisir sejumlah titik yang diinformasikan dan ditengarai kerap menjadi lokasi penebangan liar. Selain menggunakan sepeda motor, rombongan juga nampak mengikuti gelapnya hutan dengan berjalan kaki.

Kepala BKPH TOPASO dan sejumlah personel usai menyampaikan arahan terhadap warga. Foto ist. 



Namun, saat operasi berlangsung, kegiatan penebangan liar tidak dapat ditemukan. Sehingga petugas BKPH TOPASO melakukan sosialisasi terhadap warga agar tidak melakukan pembalakan liar.


Pada kesempatan ini, Nurwana Putra menghimbau terhadap warga untuk tidak melakukan perambahan hutan serta pembalakan liar agar wilayah kawasan hutan tetap terjaga dan lestari. 


Tak hanya imbau, Nurwana Putra juga memberikan peringatan keras terhadap warga, bahwa jika ditemukan atau tertangkap tangan warga yang melakukan pengrusakan hutan (pembalakan liar) pihaknya nggak sungkan-sukan untuk menindak dengan tegas tanpa tebang pilih. 


"Ketika saya menemukan pembalakan liar, saya tidak segan-segan untuk menindak tegas siapapun yang merusak hutan," tegas Nurwana.


Hingga berita ini dipublis, Kepala BKPH TOPASO beserta anggotanya terus melakukan patroli, terutama di wilayah yang dinilai rawan terjadinya aktivitas Illegal Logging.


"Intinya, kegiatan patroli rutin kami lakukan," pungkas Nurwana Putra dengan tegas. [B-10]

PERRHATIAN: Hati-hati penipuan mengatasnamakan Berita11.com/ PT Sebelas Cyber Media. Kerja sama/ iklan dan invoice resmi hanya yang ditandatangani Direktur PT Sebelas Cyber Media dan tercatat dalam sistem informasi (data base) perusahaan serta nomor nota tagihan yang teregistrasi dengan kode unik di sistem informasi perusahaan. Kami tidak bertanggung jawab atas nota tagihan (invoice) yang tidak tercatat maupun atas tagihan pajak terhadap invoice/kuitansi yang bukan dari perusahaan. Pembayaran tagihan iklan/ advetorial/ kerja sama yang sah melalui rekening perusahaan An. PT Sebelas Cyber Media.