PT Pandu Abdi Pertiwi Cabang Dompu Kirim 13 Calon TKI Ikut Pelatihan di BLK Lotim -->

Iklan Semua Halaman

.

PT Pandu Abdi Pertiwi Cabang Dompu Kirim 13 Calon TKI Ikut Pelatihan di BLK Lotim

Monday, November 29, 2021
Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans, Muhammad Nursalam didampingi Kepala Cabang PT Pandu Abdi Pertiwi saat menyampaikan arahan kepada 13 calon TKI. Foto Poris. Berita11.com.


Dompu, Berita11.com - Sebanyak 13 orang calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Dompu diberangkatkan ke Balai Latihan Kerja (BLK) Lombok Timur (Lotim) untuk mengikuti pelatihan siap kerja pada Senin (29/11/2021) siang. Dan Keberangkatan ke 13 calon TKI itu dilepas Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja (Disnakertrans) Muhammad Nursalam.


Ke 13 Calon TKI wanita itu nantinya akan diberangkatkan ke luar negeri seperti Malaysia, Jepang, Korea, Thailand, Singapura termasuk Saudi Arabia. Keberangkatan dan pelatihan 13 calon TKI itu difasilitasi oleh Pengerah Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) PT Pandu Abdi Pertiwi.


Kepala PT Pandu Abdi Pertiwi Cabang Dompu Junaidin S.Pd saat ditemui di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Dompu mengatakan, keberangkatan calon TKI merupakan kali pertama (perdana) setelah adanya Pandemi Covid-19. 


"Iya benar, ketika ditempatkan di negara Hongkong atau Taiwan pelatihannya bisa mencapai tiga bulan, tapi kalau negara yang serumpun dengan negara kita seperti Singapura, Brunei dan Malaysia hanya dibutuhkan waktu satu bulan saja," jelas Junaidin.

Sebelum berangkat. Foto Poris. Berita11.com.

Setelah dilakukan pelatihan, lanjut Junaidin, ke 13 calon TKI itu nantinya akan direkomendasikan atau surat pengantar dari Disnakertrans Kabupaten Dompu untuk dibuatkan password-nya di BLK Lotim.


"Calon TKI juga nantinya akan diberikan penghargaan berupa BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) yang dikeluarkan oleh Disnakertrans dan lembaga yang diakui oleh negara," ungkapnya.


Di akhir penyampaiannya, Junaidin berharap terhadap Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu baik Bupati Dompu maupun anggota DPRD Dompu untuk bisa mendukung program tersebut.


"Kami berharap baik terhadap eksekutif maupun legislatif agar bisa mendukung program ini karena dompu berpotensi besar yang berminat untuk ke luar negeri," pungkasnya.

Ke 13 calon TKI sedang naikan barang-barangnya dan siap berangkat. Foto Poris. Berita11.com.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Kabupaten Dompu, Muhammad Nursalam menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT Pandu Abdi Pertiwi yang sudah menfasilitasi calon TKI.


"Kami sangat berterima kasih kepada PT Pandu Abdi Pertiwi dan nanti akan ada surat izin perekrutan dari PT Pandu Abdi Pertiwi sendiri yang akan kita cek kebenarannya, kemudian, nanti penempatan calon TKI akan melalui Disnakertrans," jelas Muhammad Nursalam.


Ia menghimbau, bagi siapapun yang ingin mencari kerja di luar negeri atau menjadi calon TKI, khususnya di Kabupaten Dompu bisa mendatangi dan mendaftarkan diri melalui Disnakertrans.


"Masyarakat ingin mecari kerja ke luar negeri bisa langsung ke Disnakertrans untuk melakukan pendaftaran dan lainnya, supaya Disnakertrans akan mengarahkan," pungkasnya. [B-10]

PERRHATIAN: Hati-hati penipuan mengatasnamakan Berita11.com/ PT Sebelas Cyber Media. Kerja sama/ iklan dan invoice resmi hanya yang ditandatangani Direktur PT Sebelas Cyber Media dan tercatat dalam sistem informasi (data base) perusahaan serta nomor nota tagihan yang teregistrasi dengan kode unik di sistem informasi perusahaan. Kami tidak bertanggung jawab atas nota tagihan (invoice) yang tidak tercatat maupun atas tagihan pajak terhadap invoice/kuitansi yang bukan dari perusahaan. Pembayaran tagihan iklan/ advetorial/ kerja sama yang sah melalui rekening perusahaan An. PT Sebelas Cyber Media.