Dandim 1608/Bima Ikut Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Rinjani Polres Bima Kota -->

Iklan Semua Halaman

.

Dandim 1608/Bima Ikut Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Rinjani Polres Bima Kota

Monday, July 15, 2024
Bima. Berita 11 com -Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Rinjani Polres Bima Kota Tahun 2024 yang dipimpin oleh Wakapolres Bima Kota Kompol Herman, SH, dengan jumlah personil 143 orang. Ikut dalam Apel siaga pasukan tersebut, Dandim 1608/Bima yang diwakili oleh Kasdim Mayor Inf. Asep Okinawa. Senin tanggal 15 Juli 2024 Pukul 08.00 Wita bertempat di Lapangan Presisi Polres Bima Kota Jln. Soekarno Hatta Kelurahan, Monggonao Kecamatan Mpunda Kota.

Kapolres Bima Kota diwakili oleh Wakapolres Kompol Herman, SH selaku inspektur upacara menyampaikan amanat Kapolda NTB, Irjen Pol. Drs. R. Umar Faroq SH., M., Hum, perlu diketahui bersama permasalahan di bidang lalu lintas dewasa ini telah berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. 

Adapun munculnya permasalahan lalu lintas ini kerap dipicu oleh beberapa faktor, yaitu,meningkatnya jumlah kendaraan bermotor, meningkatnya populasi masyarakat serta meningkatnya pola aktifitas masyarakat NTB, khususnya pasca dibukanya kembali di provinsi NTB sebagai destinasi wisata domestik maupun internasional.bahwa berbagai faktor tersebut tentunya turut berimplikasi terhadap munculnya permasalahan di bidang lalu lintas, yaitu meningkatnya pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang melibatkan masyarakat setempat dan orang asing (WNA). 

Sehubungan dengan hal tersebut, perlu adanya upaya nyata dengan melakukan sosialisasi dan himbauan langsung kepada masyarakat dan turis asing. Ditlantas dan Satlantas jajaran res/ta Polda NTB juga telah memasang ribuan himbauan dalam bentuk baliho di berbagai titik yang dianggap rawan laka lantas, bahkan sudah membuat nota kesepahaman (MOU) dengan pemilik rental roda dua maupun roda empat dengan ketentuan bagi pengguna atau penyewa roda dua atau roda empat harus memiliki surat izin mengemudi (SIM) dan rental sepeda motor harus menyiapkan helm bagi pengendara, guna terciptanya Kamseltibcar lintas yang aman dan lancar, ujar Kompol Herman.

Lanjut dia, patut disadari bahwa bersama bahwa permasalahan dibidang lalu lintas tidak dapat diselesaikan hanya oleh kerja keras dari personel polri saja, namun perlu adanya peran serta yang sinergis antara polri, pemerintah daerah dan seluruh stakeholder terkait, sehingga diharapkan dapat tercapainya koordinasi yang solid guna terciptanya Kamseltibcar lintas yang aman dan kondusif.

Dijelaskan juga bahwa dalam Operasi kali ini disampaikan pada pelaksanaan Operasi Patuh Rinjani 2023 sebanyak 18.713 pelanggaran dengan tilang sebanyak 6.735 dan teguran sebanyak 11.978 serta angka kecelakaan lalu lintas saat operasi patuh rinjani 2023 sebanyak 32 kejadian dengan korban meninggal dunia 9 orang, korban luka berat 7 dan luka ringan 35 orang, dari hasil evaluasi tersebut di atas bahwa dominasi pelanggaran lalu lintas yang terjadi adalah tidak menggunakan helm SNI, tidak menggunakan safety belt dan pelanggaran terhadap rambu/marka jalan, sedangkan kasus lantas didominasi oleh faktor human error, katanya.

Menyikapi hal tersebut, dalam rangka mendukung tercapainya kamseltibcar lantas yang aman dan lancar, Polda NTB beserta segenap stakeholder terkait akan menggelar operasi kepolisian kewilayahan bidang lalu lintas dengan sandi Patuh Rinjani 2024 Yang akan dilaksanakan selama 14 hari, dimulai dari tanggal 15 s/d 28 Juli 2024. pelaksanaan Ops patuh rinjani 2024 ini merupakan salah satu upaya polri dalam rangka meningkatkan kepatuhan masyarakat, sehingga diharapkan dapat menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta menurunkan fatalitas korban kecelakaan, dengan tugas pokok mengedepankan giat edukatif dan persuasif serta humanis didukung gakkum lantas secara elektronik (statis dan mobile) dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas. 

Diakhir amanat tersebut, ditegaskan pada pelaksanaan operasi patuh rinjani 2024 kali ini menerapkan cara bertindak yaitu, Melaksanakan deteksi dini, lidik dan pemetaan terhadap lokasi, pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Danyon Brimob C Pelopor diwakili oleh Pasi Ops AKP Yuswanto, SH, Kadishub Kota Bima diwakili oleh Kabid Perhubungan Dinas Perhubungan Kota Bima Ismail M. Rasyid, Kabid Trantibum Pol PP Iskandar Zulkarnain, ST., Msi, Kepala Jasa Raharja Bima diwakili oleh Penanggung Jawab Samsat Kota Bima Ichdar, Kepala Samsat Kota Bima Drs. Aidin.Danramil 01/Rasanae Kapten Inf Seninot Sribakti, Seluruh Kasat Polres Bima Kota, Seluruh Kapolsek jajaran Polres Bima Kota serta para Kabag jajaran Polres Bima Kota. (B-08*)



PERRHATIAN: Hati-hati penipuan mengatasnamakan Berita11.com/ PT Sebelas Cyber Media. Kerja sama/ iklan dan invoice resmi hanya yang ditandatangani Direktur PT Sebelas Cyber Media dan tercatat dalam sistem informasi (data base) perusahaan serta nomor nota tagihan yang teregistrasi dengan kode unik di sistem informasi perusahaan. Kami tidak bertanggung jawab atas nota tagihan (invoice) yang tidak tercatat maupun atas tagihan pajak terhadap invoice/kuitansi yang bukan dari perusahaan. Pembayaran tagihan iklan/ advetorial/ kerja sama yang sah melalui rekening perusahaan An. PT Sebelas Cyber Media.