Muttakun Jaring Aspirasi Warga Melalui Reses Tahap I, Termasuk Program PD AMAN Dompu -->

Iklan Semua Halaman

.

Muttakun Jaring Aspirasi Warga Melalui Reses Tahap I, Termasuk Program PD AMAN Dompu

Wednesday, March 15, 2023
Reses tahap I Ir. Muttakun tengah berlangsung di aula Kantor Lurah Kandai Satu. Dok. Berita11.com.



Dompu, Berita11.com - Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Dompu, Ir. Muttakun melaksanakan Reses tahap I tahun 2023 dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat di Kelurahan Kandai Satu, Kecamatan Dompu, Selasa (13/3) malam. 


Pada kesempatan ini, Muttakun mencatat sejumlah aspirasi warga dan pemerintah lurah setempat diantaranya program air bersih, drainase, masalah sampah, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan sarana fasilitas umum, Mandi, Cuci dan Kakus (MCK).


Dari sejumlah program tersebut, ada tiga program yang tidak kalah pentingnya dalam catatan Muttakun yakni program yang disuarakan oleh Pengurus Daerah Aliansi Masyarakat Adat Nasional (PD AMAN) Kabupaten Dompu.


Pertama, PD AMAN Dompu meminta agar diadakan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) dengan PD AMAN Dompu. 

Kedua, PD AMAN Dompu meminta agar dibangunkan rumah adat atau yang dikenal dengan Asi sebagai simbolis kebangkitan adat budaya Dompu.

Ketiga, masalah grey atau tempat fasilitas bagi UMKM guna mengembangkan ekonomi yang memiliki ciri khas produk-produk asli daerah Bumi Nggahi Rawi Pahu. 


Usai kegiatan reses, Ir. Muttakun kepada Berita11.com mengatakan, bahwa pelaksanaan reses yang diadakan malam itu, sebagai salah satu pilar perencanaan pembangunan, yang hasilnya nanti akan menjadi masukan untuk Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu. 


"DPR tentu akan meneruskan suara yang dimunculkan oleh warga Kelurahan Kandai Satu dengan mendorong pemerintah untuk bagaimana teman-teman AMAN ini terus mengembangkan budaya adat kita," katanya. 


"Untuk lokasinya dipusatkan di Kelurahan Kandai Satu dengan mengoptimalisasi pemanfaatan Dorobata dan lapangan serta bagaimana rencana untuk revitalisasi adat budaya dompu," lanjut Muttakun. 


Terkait dengan program lainnya, seperti air bersih, drainase, UKM dan MCK, Muttakun mengaku, pasca reses itu pihaknya akan menindaklanjuti minimal bagaiaman membangun sinergi dengan Lurah dan Camat untuk mendatangi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bersangkutan, agar usulan Dana Alokasi Khusus (DAK) diimput akhir bulan maret ini agar bisa masuk. 


"Besar kemungkinan, usulan mereka bisa masuk di Pemerintah Pusat melalui APBN bahkan juga bisa masuk melalui APBD Kabupaten," paparnya. 


Menurut Muttakun, tidak semua usulan dapat direalisasikan pada tahun 2024 mendatang dan ada juga beberapa hal yang tidak perlu tunggu persiapannya artinya pihaknya akan mendorong Pemerintah Kabupaten untuk segera direalisasikan. 


"Dengan program yang sudah ada ini segera meluncurkan di Kelurahan Kandai Satu, seperti sumur bor yang memang dulu saya komunikasi dengan pak Bupati rencananya di lingkungan dorongao kemarin hanya titik atau tempatnya saja yang menjadi kendala," pungkasnya. 


Ditempat yang sama, Camat Dompu Ardiansyah, SE berjanji bakal mendukung adanya usulan dan program yang dimunculkan pada kegiatan reses yang menjadi konsen Ir. Muttakun dalam memperjuangkan pada tingkat legislatif. 


"Saya sebagai camat tentunya akan ikut mendorong apa yang menjadi aspirasi masyarakat, terutama beberapa catatan penting strategis dari seluruh organ pemerintah kelurahan seperti isu tentang air bersi, drainase, UKM maupun MCK," paparnya. 


Terkait dengan tiga poin penting yang disuarakan oleh PD AMAN Kabupaten Dompu, Ardiansyah berharap agar Ir. Muttakun serius dalam menindaklanjuti sehingga sejumlah program yang diusulkan dapat ditindaklanjuti secepatnya. 


"Tiga poin ini kami meminta kepada pak muttakun agar segera di RDPU kan dengan melibatkan pemerintah eksekutif dan semoga apa yang disuarakan oleh warga Kandai Satu ini dapat direalisasikan secepatnya dan tidak terlalu lama," harapnya. 


Berangkat dari itu semua, Ardiansyah mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat terutama warga Kelurahan Kandai Satu agar dapat mendukung program-program pemerintah. Mulai dari tingkat Kelurahan, Camat hingga hingga program Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu. 


"Saya mengajak masyarakat agar mendukung progran pemerintah dan mari kita bersinergi supaya Kelurahan Kandai Satu menjadi Kelurahan yang inovatig dan yang lebih cepat maju dari pada Kelurahan lain," ajaknya. 


Untuk diketahui, Kegiatan reses Ir. Muttakun juga dihadiri Lurah Kandai Satu, Deny Rahmansyah S.S.Tp, Sekertaris Lurah, Budi Subroto, SE, Babinsa, tokoh pemuda, Ketua PD AMAN Dompu, beberapa Ketua Rt, dan perwakilan Pengurus Wilayah (PW) AMAN Provinsi NTB. [B-10]

PERRHATIAN: Hati-hati penipuan mengatasnamakan Berita11.com/ PT Sebelas Cyber Media. Kerja sama/ iklan dan invoice resmi hanya yang ditandatangani Direktur PT Sebelas Cyber Media dan tercatat dalam sistem informasi (data base) perusahaan serta nomor nota tagihan yang teregistrasi dengan kode unik di sistem informasi perusahaan. Kami tidak bertanggung jawab atas nota tagihan (invoice) yang tidak tercatat maupun atas tagihan pajak terhadap invoice/kuitansi yang bukan dari perusahaan. Pembayaran tagihan iklan/ advetorial/ kerja sama yang sah melalui rekening perusahaan An. PT Sebelas Cyber Media.